Ruang Lingkup Sejarah Islam, Periodisasi Sejarah Islam (Masa Sebelum Islam, Klasik, Pertengahan, dan Modern)
A. Pengertian Sejarah
Sejarah dalam
Bahasa Inggris disebut “history”.
Secara etimologis, kata ini berasal dari Bahasa Yunani, historia, yang berarti inkuiri (inquiry), wawancara (interview),
interogasi dari seorang saksi mata, termasuk laporan mengenai hasilhasil dari
tindakan. Kata sejarah dalam bahasa arab disebut tarik dan siroh. Dari segi
bahasa, altarikh berarti ketentuan masa atau waktu, sedang dalam ilmu “tarikh”
yaitu ilmu yang membahas peristiwa-peristiwa atau kejadian-kejadian masa atau
tempat terjadinya peristiwa, dan sebab-sebab terjadinya peristiwa tersebut. Dari
Yunani, istilah historia masuk
ke bahasa-bahasa lain, terutama melalui perantaraan Bahasa Latin. Dalam proses
selanjutnya, terjadi makna yang lebih persis seperti makna (history, historie, histoire storia, istoria, historia) yang digunakan
sampai sekarang.
B. Ruang Lingkup
Sejarah Islam
Menurut R.G.
Collingwood, studi sejarah adalah mengenai tindakan-tindakan manusia pada masa
lalu. J. Huizinga menganggap, sejarah sebagai bentuk intelektual di mana suatu
peradaban menceritakan dirinya sendiri mengenai masa lalunya. Sementara Raymond
Aron membuat defenisi sejarah sebagai suatu kajian tentang masa lalu manusia.
Senada dengan itu adalah pendapat E. Bernheim yang menyatakan bahwa, sejarah
adalah suatu ilmu mengenai perkembangan kemanusiaan. Adapun Marc Bloch
menunjukkan makna sejarah itu kepada aktivitas-aktivitas manusia pada masa lalu.
Sedang James Harvey Robinson memberi makna sejarah secara luas sebagai semua yang
kita ketahui tentang setiap hal yang pernah dilakukan oleh manusia. Jadi, dari
berbagai pengertian yang dikemukakan di atas, sejarah itu terkait dengan manusia
pada masa lalu.
C. Periodisasi
Sejarah Islam
Secara garis
besar, Harun Nasution membagi sejarah perkembangan pemikiran dalam Islam ke
dalam tiga priode besar: Klasik (650 – 1250 M), Pertengahan (1250 – 1800 M) dan
Moderen (1800 – sekarang).
1. Masa Sebelum
Islam
Masyarakat pra
islam merupakan masyarakat yang memiliki bermacam-macam agama, adat istiadat,
akhlak, dan peraturan hidup. Perbedaan 5okum dan peraturan antara islam yang diturunkan
untuk mengatur segala aspek kehidupan manusia dengan agama lain yang telah dianut
masyarakat arab pra islam menimbulkan banyak pelawanan. Ada 2 kekaisaran
adidaya sebelum diturunkannya pertama kali kesempurnaan islam digua hiro’
kepada rosulullah SAW yaitu kaisar romawi dan Persia sejak abad ke 6 laut
mediterania telah menjadi tempat persilangan perebutan pengaruh dan budaya
etnis dan agama.
2. Periode
Klasik
Sejarah telah
mencatat, bahwa kehadiran Islam di dunia ini, tepatnya pada awal abad ke 7 M, tahun
pertama-nya (hijrah rasul dari Makkah ke Madinah) adalah tahun 622 M; mengalami
ekspansi ke seluruh Timur Tengah, Afrika Utara dan Spanyol pada akhir itu Juga.
Di kawasan bumi kelahiran banyak peradaban tua inilah Islam bersentuhan sejumlah
pemikiran, yang diserapnya, sepanjang pemikiran itu bersesuaian dengan semangat
Islam dan dapat member penyubur bagi peradaban yang bercorak Islami. Ciri khas
Wahyu Islam dan keyakinannya, bahwa disatu sisi ia mengungkapkan otoritas
kebenaran yang mengandung unsur dogmatis, tetapi dilain sisi ia bersifat
akomodatif (terbuka terhadap hal luar yang dianggap positif). Dalam mempelajari
pemikiran tersebut, umat Islam mengambil unsur dari masing-masingnya, paling
banyak dari Yunani, juga dari Romawi, Persia, India dan Cina. Mereka
menggabungkan pemikiran tersebut ke dalam korpus baru, yang kemudian tumbuh
abad demi abad dan menjadi bagian peradaban Islam, yang diintegrasikan dari
wahyu sendiri.
3. Zaman
Pertengahan
Setelah Peradaban Islam mencapai puncak keemasan pada
priode klasik, make priode pertengahan, pemikiran dan peradaban Islam mengalami
desentralisasi dan desintegrasi. C.A. Qadir menginformasikan, penyebab pertama
kemunduran terjadi pada abad ke 12, ketika pertama kali Changis Khan, kemudian
cucunya Hulugu Khan, muncul bagaikan meteor dan dalam waktu yang relatif
singkat mendatangkan kehancuran ke seluruh dunia Islam, suatu peristiwa yang
hampir tak ada taranya dalam sejarah manusia. Penyerbuan bangsa Tartar benar-benar
telah menutup babak priode kejayaan Islam dan mengawali suatu zaman kelesuan
intelektual, kebekuan mental dan konservatisme yang kaku. Menurut Iqbal,
seluruh masyarakat Islam sesudah penyerbuan bangsa mongol dan kehancuran yang
mereka timbulkan, menjadi kacau-balau.
4. Periode Modern
Nama: Ahmad Nafisal Mahfud
Kelas: IAT 2
Matkul: Pengantar Studi Islam
Institusi: UIN KHAS JEMBER
Komentar
Posting Komentar